Star Party Undangan

Posted on Monday, May 14, 2007 by Sang Petualang

Di bulan May, 20 HAAJ diundang 2 sekolah untuk memberi materi astronomy.

I. Space Camp di SMP Madania, 11 - 12 May 2007
Crew's HAAJ yang terjun: jun, bE, rHe, zQ, zE, m'WinDy
Pendamping: Pak Widya
Sudah ke-3 kalinya Madania minta bantuan kepada HAAJ untuk memperkenalkan astronomy kepada siswa-siswinya. Acara di Madania:
a. Ceramah yang disampaikan oleh Pak Widya Sawitar tentang d Solar system
b. Workshop: sundial, mini planetarium, kacamata matahari, theodolit, dan spektrograf
c. space's observation, malam dan pagi

Kita bawa 4 teleskop: Portal, Vixen, helios, dan meade.
Space camp di Madania dimulai jam 20.15, diisi oleh Pak Wid. Walupun anak-anak sudah lelah, karena sebelum acara ini mereka barusan pulang dari filed trip, tetapi sebagin besar masih memiliki semangat untuk mengikuti acara ini, terbukti dengan bebrapa pertanyaan yang dilontarkan oleh para siswa. Setelah sesi ini, adalah sesi workshop, sebelumnya sebagai ice breaking- ada sesi finding words. Tiap kelompok harus menemukan 12 kata yang berhubungan dengan astronomy, sekaligus memberikan informasi dari setiap kata kunci yang telah ditemukannya dalam waktu 5 menit. Kelompok yang menang adalah kelompok yang paling banyak menemukan kata dan memberikan informasi secara benar.--> waaaahhh...anak-anak merasa enjoy banget<-- harus ada increasing worksheet finding words nie, jUn..chayooo!!!

Kuranglebih jam 21.00, workshop baru dimulai, masing-masing kelompok mendapatkan mentor pendaping yang akan "sedikit" mengarahkan bagaimana membuat alat peraga astronomy sederhana sekaligus mendemonstrasikan apa manfaat dari alat peraga tersebut. Tiap-tiap kelompok harus mempresentasikan karya mereka di akhir workshop. Karya mereka cukup lumayan lho.... di akhir sesi workshop, Pak Wid menyempatkan diri untuk menyimpulkan dan memberi komentar terhadap hasil karya anak-anak.

lalu, after that...space's observation. Obyek yang menjadi target malem ini adalah jupiter yang diselimuti oleh awan. xixixixixi...lumayan laaah....sayangnya gak ada rasi yang nampak.Eh, crux...nongol bentar!

..acara dilanjutkan istirahat, dan paginya langit juga sedang ngambek, maka hanya bisa ngintip bulan sabit tua...matahari tak nongol barang secuilpun.
Ya udaaah... packing dah on time 07.00

Humph...kinerja crew's HAAJ (terutama d 2nd line) oleh mas Yan dianggap telah sedikit mengalami kemajuan, walaupun ada sedikit problem untuk masalah waktu (uu--uuuhhh...susah teuing ya' untuk be on time itu, "^^). Yeaaah...paling tidak kita telah mempersiapkan 1/2 jadi untuk acara di madania, kkk....artinya kita gak boleh terlalu puas--> soalnya jika kita terlalu puas maka akan mengalami kemandegan ide, dan ini bahaya.

II. Star Party di Smansa, Bogor. 12-13 May 2007
Di Smansa seeeh...HAAJ sifatnya hanya pendampingan saja, jadi crew's HAAJ gak banyak-banyak yang diterjunin, cuma nurdien, Tia, dan rHe, of course Pak Wid.

thus,..the next star party di Bandung
Bosccha............kita akan datang...
let's us save bosschaa.

salam pisces

No Response to "Star Party Undangan"

Popular Posts