Profil Himpunan Astronomi Amatir Jakarta

Posted on Friday, January 05, 2007 by Sang Petualang



Abstrak
Pada era yang kita katakan modern saat ini, perkembangan astronomi di dunia sudah semakin maju. Sementara itu, perkembangannya di negeri tercinta seolah jalan di tempat. Faktanya, masyarakat umum di nusantara masih banyak yang belum mengenal astronomi. Sebagian kecil masyarakat telah mengenalnya, namun masih menganggapnya sebagai ilmu yang “mewah”, tak tersentuh oleh kalangan non-akademik. Himpunan Astronomi Amatir Jakarta, sebagai salah satu dari sekian sedikit instrumen astronomi yang ada mencoba untuk mengubah paradigma tersebut, dengan mengadakan berbagai kegiatan astronomis yang berbasis publik. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan visi “memasyarakatkan ilmu astronomi”, yang telah menjadi visi HAAJ sejak berdiri, dapat terwujud.




I.  Pendahuluan : Awal Mula
            Sejak Planetarium dan Observatorium Jakarta resmi dibuka untuk umum pada 1 Maret 1969, animo masyarakat, terutama di Jakarta, terhadap astronomi mulai tumbuh. Selang 1 dekade kemudian, penikmat astronomi semakin banyak. Kebanyakan diantara mereka merasa kurang akan materi yang disampaikan pada pertunjukan Planetarium. Melihat fenomena tersebut, Kepala Planetarium Jakarta saat itu, Drs. Darsa Sukartadiredja, mencoba untuk mengakomodir minat mereka dengan memprakarsai sebuah klub astronomi amatir bernama Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ), dimana beliau menjabat sebagai Pembinanya. HAAJ sendiri resmi berdiri pada 21 April 1984 dan beralamat di Planetarium dan Observatorium Jakarta.
Kegiatan Pertemuan Rutin HAAJ
II.  Antara Visi dan Misi
            Awal berdirinya HAAJ memang untuk mengakomodir minat sekelompok orang yang tertarik dengan astronomi, namun dalam perjalanannya HAAJ mencoba merangkul seluruh lapisan masyarakat, dari berbagai latar belakang pendidikan, pekerjaan dan tingkatan usia. Baik siswa, mahasiswa, karyawan kantoran, sampai ibu rumah tangga. Dari anak yang masih digendong sampai yang sudah sepuh sekalipun. Semua berkumpul atas dasar satu alasan, yaitu hobi. Hal ini selaras dengan visi HAAJ, yaitu Memasyarakatkan Ilmu Astronomi. Untuk dapat mencapai visi tersebut dibutuhkan kerja dan kemauan yang keras untuk dapat menjalankan misi. Misi itu sendiri berbentuk kegiatan-kegiatan keastronomian yang berbasis publik untuk dapat merangkul sebanyak mungkin masyarakat umum.  Diharapkan dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut dapat membuat astronomi lebih dikenal di kalangan masyarakat luas sehingga menjadi suatu hal yang familiar untuk dipelajari.
Pengamatan Matahari pada acara Car Free Day di Bundaran Hotel Indonesia

III.  Kegiatan-Kegiatan HAAJ
            Pada awal berdiri, kegiatan HAAJ masih sebatas pertemuan tak terjadwal untuk membahas materi-materi astronomi dan beberapa kegiatan star party yang dilakukan secara insidentil. Terlebih secara organisasi, HAAJ mengalami pasang surut konsistensi. Namun, lambat laun mulai terlihat adanya pola rutinitas kegiatan yang terstruktur. Akhirnya, sejak tahun 2000, HAAJ mempunyai beberapa kegiatan rutin dan non rutin yang disusun dalam satu lembar jadwal kegiatan. Secara Umum, kegiatan-kegiatan HAAJ terbagi menjadi dua : Kegiatan Rutin dan Kegiatan Non-Rutin.

Diskusi singkat pada saat membahas Riwayat Hidup Bintang


Kegiatan Rutin HAAJ
Kegiatan Rutin HAAJ yang paling utama adalah Pertemuan Rutin, yang biasa dilakukan dua minggu sekali setiap hari sabtu. Bentuk kegiatan tersebut berupa ceramah dan diskusi astronomi yang disampaikan oleh pemateri yang telah ditugaskan pada tanggal tertentu dan dengan materi tertentu, dengan bahasa ringan yang disesuaikan dengan peserta pertemuan. Peserta kegiatan ini sendiri adalah seluruh khalayak umum, dari berbagai latar belakang pendidikan, pekerjaan dan tingkatan usia. Dari kegiatan ini, diharapkan peserta dapat terbuka wawasannya terhadap ilmu astronomi dan mencoba untuk mendalaminya sebagai sebuah hobi yang bermanfaat. Selain itu, sebagai sebuah klub astronomi, kami tentunya mengadakan kegiatan-kegiatan peneropongan, sebagai bentuk aplikasi materi-materi pertemuan. Kegiatan ini biasa kami sebut dengan Star Party. Kegiatan ini kami lakukan secara rutin empat kali dalam setahun di empat tempat yang berbeda. Waktu pelaksanaannya biasanya pada akhir pekan, mulai dari hari sabtu sore sampai minggu pagi selama 2 hari 1 malam. Dari keempat kegiatan Star party yang diselenggarakan, satu diantaranya (yang pertama) dibuka untuk umum, sedangkan tiga star party lainnya diselenggarakan khusus untuk anggota. Dari seluruh rangkaian Star Party ini peserta diharapkan terbuka wawasannya terhadap kegiatan-kegiatan keastronomian yang bersifat praktis. Selain itu,  diharapkan pula akan ada anggota yang ”serius” dalam menggeluti ilmu astronomi, baik dari segi keilmuan maupun dari segi keorganisasian.
Lord Of The Ring - Global Astronomy Month 2011
Selain kedua kegiatan tersebut, kami juga mengadakan kegiatan berupa workshop yang biasa kami sebut dengan Workshop Astronomi Amatir. Kegiatan ini kami lakukan untuk mengakomodir anggota yang ingin mempelajari lebih lanjut materi-materi keastronomian, terutama yang bersifat praktis. Workshop dilakukan sekali setiap satu tahun pada hari minggu selama 1 hari penuh, dari pagi hari hingga malam. Bentuk kegiatannya berupa pemberian materi-materi astronomi tingkat lanjut, workshop instrumentasi astronomi, workshop alat peraga astronomi dan latihan penelitian dasar astronomi. Dari keseluruhan rangkaian workshop ini, diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan astronomi bagi peserta. Selain itu, peserta juga diharapkan dapat lebih terpacu lagi untuk mendalami ilmu astronomi, yang nantinya akan dapat menambah sumber daya manusia dalam mewujudkan visi ”memasyarakatkan ilmu astronomi”. 

Workshop You Are Galileo! Project di SMAN 38 Jakarta


Setelah kegiatan-kegiatan tersebut berjalan secara rutin, kami mencoba membuat kegiatan yang lebih besar dan lebih bersifat ”publik”. Salah satunya, kami mengadakan kegiatan yang kami namakan dengan Astro Party. Kegiatan ini dilaksanakan sekali setiap tahun di pusat kebudayaan negara-negara sahabat yang ada di Jakarta. Bentuk kegiatannya berupa Talkshow, Pameran dan Pemutaran Film Astronomi. Pesertanya sendiri adalah siswa-siswi SMA atau sederajat . Dari kegiatan ini peserta diharapkan dapat mendapat wawasan yang lebih luas dalam ”menggeluti” ilmu astronomi, baik sebagai hobi maupun profesi, khususnya di bidang astronomi populer. Selain itu, khususnya bagi panitia, diharapkan dapat menambah pengalaman dalam pengorganisasian kegiatan yang bersifat internasional dan tentu dampaknya bagi HAAJ sebagai organisasi astronomi dapat menambah jaringan yang lebih luas untuk dapat berkorespondensi, terutama dalam hal publikasi astronomi sebagai organisasi maupun keilmuan. Selain Astro Party, kami juga memiliki kegiatan lain yang biasa disebut dengan Pekan Astronomi Jakarta (PAJ). Kegiatan ini berupa Lomba Astronomi yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA atau sederajat. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar animo siswa sekolah, khususnya SMA, dalam hal astronomi. Dari kegiatan ini, diharapkan dapat menambah wawasan para peserta dalam pembelajaran dan pengaplikasian materi-materi keastronomian dan diharapkan pula dapat memacu semangat dan animo para siswa SMA dalam mendalami ilmu astronomi. Selain itu, bagi panitia, dari kegiatan ini dapat diketahui seberapa efektifkah dampak dari kegiatan-kegiatan keastronomian yang telah dilakukan oleh HAAJ terhadap kemajuan minat para siswa SMA, yang nantinya akan menjadi bahan evaluasi untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas kinerja dan performa pelayanan terhadap masyarakat, khususnya siswa SMA.

Pameran Astronomi di Planetarium & Observatorium Jakarta
Kegiatan Non-Rutin HAAJ
Selain kegiatan-kegiatan tersebut, HAAJ juga mempunyai beberapa kegiatan non-rutin yang bersifat insidentil untuk dapat membantu meningkatkan kualitas kegiatan, memperkaya aktivitas-aktivitas keastronomian, memperluas jaringan dan publikasi dan tentunya mempermudah kami untuk mewujudkan visi ”Memasyarakatkan Ilmu Astronomi”. Kegiatan-kegiatan itu antara lain adalah Star Party Penyuluhan, yaitu kegiatan-kegiatan penyuluhan astronomi yang dilakukan di lingkungan sekolah dan bersifat undangan. Waktu pelaksanaannya sendiri bersifat tentatif, tergantung dari undangan yang disampaikan. Selain itu, jika ada fenomena astronomis yang terjadi, kami melakukan kegiatan-kegiatan pengamatan dan pendokumentasian yang kegiatannya biasa kami sebut dengan Fenomena Astronomis. Bentuk kegiatannya berupa Open House pengamatan, yang dibuka untuk umum, dan ekspedisi pendokumentasian. 

Selain kedua kegiatan itu, kami juga melakukan kegiatan-kegiatan non-rutin dalam beberapa peringatan-peringatan astronomi yang diselenggarakan. Salah satunya adalah kegiatan seminar dan pameran dalam rangka memperingati Pekan Antariksa Dunia, yang biasa diperingati setiap tahunnya di seluruh dunia. Kegiatan ini biasa kami lakukan dengan bekerjasama dengan pihak Planetarium dan Observatorium Jakarta. Selain itu, sebagai salah satu instrumen keastronomian di Indonesia, HAAJ kerap kali diundang untuk ikut berpameran dalam acara-acara yang diselenggarakan di berbagai instansi-instansi terkait. Kegiatan ini biasa kami sebut dengan Pameran Astronomi.

Itulah beberapa kegiatan rutin dan non-rutin HAAJ. Kami berharap kegiatan-kegiatan itu dapat terus dilakukan secara berkesinambungan dan dapat terus ditingkatkan kualitasnya demi tercapainya visi ”memasyarakatkan Ilmu Astronomi”. Selain itu, kami juga mengharapkan akan adanya dukungan-dukungan dari pihak terkait dalam usaha mencapai visi tersebut.


HIMPUNAN ASTRONOMI AMATIR JAKARTA (HAAJ)
Jl. Cikini Raya No. 73 Jakarta Pusat 10330

Email : humas.haaj84@gmail.com
Mailing list     : humas_haaj84@yahoogroups.com
Website/blog : http://penjelajahangkasa.blogspot.com
Facebook      : http://www.facebook.com/?ref=home#!/group.php?gid=220936873251
                       (Himpunan Astronomi Amatir Jakarta)

Muhammad Rayhan (Ketua)                                                : 081317566592
Vina Rieza               (Koordinator Pertemuan Rutin)           : 081288109554
Indra Firdaus           (Humas & Koordinator Star Party        : 08999345351



Disadur dari Artikel

PERTEMUAN HIMPUNAN ASTRONOMI INDONESIA (HAI)
Wisma Kerkhoven, Observatorium Bosscha, Lembang, 12 April 2008

3 Response to "Profil Himpunan Astronomi Amatir Jakarta"

.
gravatar
Anonymous Says....

kalau anak2 boleh jadi anggota gak?
cara menjadi anggota bgmn? trims

.
gravatar
Unknown Says....

kalau siswa SMA bisa jadi anggota gak? bagaimana cara menjadi anggota?

.
gravatar
HeruLS Says....

Kapan lagi ada star party yah?
Rencana mau buat liputan majalah nih.

Popular Posts