Kelas Sabtu Sore, 12 may

Posted on Monday, May 14, 2007 by Sang Petualang

Materi : Astrofotografi
pemateri : Pak Cecep N

Wah...pertemuan kali ini recehannya lumayan banyak ha, dan rupanya materi astrofografi terlalu berat buat recehan. Lha woong buat anak-anak SMA saja sedikit membuat kening berkerut...hehehehehe. habis...rumus banget seeeh...(bagi yang ga' terbiasa lho...).

Contoh:
sewaktu Pak Cecep nerangin tentang sampai dimana kemampuan sebuah teleskop dapat menangkap magnitudo bintang.--> rumusnya (maaf...menyusul- red). Audience yang rata-rata anak SMA itu ketika ditanya oleh pak Cecep "berapa log 1?" dan dijawab nol dengan suara lirih , ntahlaaah...lirihnya suara ini karena memang gak yakin (ragu-ragu) atau adab dari pelajar Indonesia tidak berani menyuarakan pendapat, semoga seee... yang kedua, '^^. Eh, lalu pertanyaan dilanjutkan "kalo gitu, berapa log 0?"...zzziiieeeennng....pertanyaan jebakan- hahahahaha. Pak Cecep ada-ada saja!

Lho, materi astrofografi ribet banget seeeh...
sebetulnya seeeh gak, justru asyik banget... kalo sudah pada taraf praktek. Mang seeeh teorinya rada ribet (bagi seseorang yang tidak terbiasa-red). Tapi kalo mang ingin menghasilkan hasil yang bagus ketika take the outer space's objects, ya...selain memperhatikan alat-alatnya (kamera- better kamera SLR dan teleskop), waktu pengambilan, dan sedikit perhitungan matematis memang sangat diperlukan.

Akan tetapi, kalo hanya ingin sekedar happy...pake kamera digital atao pake kamera HP pun okey...dengan hasil yang dapat dikatakan "cukup bagus" lho....Mo mencoba?!? ...

(foto belum dapat dimuat- maaf)

salam pisces

No Response to "Kelas Sabtu Sore, 12 may"

Popular Posts