Pertemuan Rutin HAAJ ke-12 : Astrofotografi, 1 Juni 2013

Posted on Friday, May 24, 2013 by Sang Petualang



Pertemuan Rutin Dwimingguan
Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ)


edisi ke-duabelas di tahun 2013


Astrofotografi adalah salah satu bidang ilmu yang merupakan gabungan dari dua macam ilmu yaitu ilmu astronomi dan ilmu fotografi. Secara umum, orang yang menyukai astrofotografi harus menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan tentang fotografi agar dapat mengambil gambar atau memotret objek benda langit dengan hasil foto atau gambar yang jelas dan baik. Selain menguasai ilmu fotografi, mereka yang menyukai astrofotografi pun harus bisa mengetahui memahami objek benda langit apa yang ingin diabadikan agar tidak salah dalam proses pengambilan gambar objek yang diinginkan.

Dalam astrofotografi, ada dua bidang ilmu pengetahuan yang harus dipelajari yaitu astronomi dan fotografi. Astronomi adalah salah satu cabang ilmu sains yang mempelajari, memahami dan meramalkan peristiwa alam yang terjadi di alam semesta seperti mempelajari pergerakan benda-benda langit sampai meramalkan bagaimana dan kapankah alam semesta itu pertama kali terbentuk. Orang yang mempelajari dan bekerja di dalam ilmu astronomi disebut astronom. Ilmu astronomi saat ini pun bisa berkembang sangat pesat karena para astronom selalu melakukan pengamatan serta observasi mengenai apapun yang berkaitan dengan alam semesta. Ilmu astronomi merupakan salah satu ilmu pengetahuan tertua di dunia karena astronomi sudah dipakai manusia sejak zaman dahulu seperti peradaban Mesir serta Mesopotamia sekitar beberapa ribu tahun sebelum Masehi.
Sedangkan fotografi adalah salah satu cabang ilmu seni yang menggunakan proses penangkapan cahaya pada suatu benda sehingga menghasilkan sebuah gambar atau foto dengan tujuan untuk merekam objek tersebut dengan media yang peka terhadap cahaya. Hal yang terpenting dalam fotografi adalah teknik pencahayaan ketika menggunakan media fotografi seperti kamera untuk mengatur seberapa banyak cahaya yang masuk ke dalam lensa kamera.  Selain pencahayaan, ada tiga teknik dasar dalam fotografi yaitu teknik Angle (sudut pandang), teknik Deph of File (ketajaman) dan teknik Focus.

 Pada pertemuan kali ini kita belajar mengenai Astrofotografi :

    Judul Materi : Astrofotografi
    Narasumber : Muhammad Rayhan
    Waktu : Sabtu, 1 Juni 2013, Mulai pukul 16.00 s.d Selesai
    Tempat : Ruang Multimedia lantai 2, Gedung Planetarium dan Observatorium Jakarta.
    Alamat: Jln. Cikini Raya no: 73. Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat.

Catatan:
* Bagi yang berminat, silahkan langsung datang ke lokasi dengan waktu yang telah disebutkan.
* Pertemuan Rutin ini terbuka untuk Umum, Gratis, Hanya dibebankan untuk membayar Handout Presentasi.
* Jika langit memungkinkan, setelah pertemuan akan diadakan peneropongan benda langit dengan menggunakan teleskop astronomi.

Contact Person :
1. Muhammad Rayhan (Ketua) : 081317566592
2. Vina Rieza (PJ Pertemuan Rutin) : 081288109554
3. Indra Firdaus (Humas) : 08999345351

No Response to "Pertemuan Rutin HAAJ ke-12 : Astrofotografi, 1 Juni 2013"

Popular Posts