Sekilas Cerita Star Party 2 , Pulau Pramuka 22 - 24 Juni 2012 (Day 2 & 3)

Posted on Wednesday, June 27, 2012 by Sang Petualang

By : Berlian Herdiaty & Rahmia Nugraha

Sekilas Cerita Star Party 2 ,
Pulau Pramuka 22 - 24 Juni 2012 (Day 2 & 3)
Hari kedua peserta yang mengikuti Star Party 2 ini refreshing sedikit dengan memancing dan snorkeling. Kita menyewa sebuah kapal buat memancing dan snorkeling di tengah laut. Ada 2 orang kru (Pak Buang dan Pak Kuning) dan sembilan orang peserta yang ikut ke tengah laut, peserta yang lain memilih bermain di pinggir pantai.

Sabtu, 23 Juni 2012

Persiapan untuk melaut

Pas mancing di tengah laut kita pake umpan yang di beli sebelum berangkat ke pramuka. Ikan-ikannya ga ada yang mau makan umpan kita. Untung ada pak buang yang bantuin kita mancing. Dengan kekuatan bandulnya dia nangkep ikan beberapa ikan selayar sebagai umpan kita. Baru deh ikannya pada muncul. Selagi cowok-cowok mancing yang cewek snorkeling di sekitar kapal.  Pas lagi seru-serunya mancing batere kamera abis. Padahal masih banyak peristiwa penting tuh, mulai dari pak kurnia yang ga dapet-dapet ikan,pak kuning yang akhirnya strike juga,ka aziz yang ga dapet ikan gara-gara pancingannya kesangkut di pancingan pak wid,terus dila yang kena ubur-ubur waktu snorkeling sampai suasana sunset di tengah laut. Kita di tengah laut dari jam setengah 12 siang sampai jam setengah 7 malam. Kita berhasil dapet 40 ekor ikan selama mancing.

Persiapan untuk Snorkeling

Mia & Vina Snorkeling

Rayhan Strike! dapat ikan kerapu

Pak Wid Strike! dapat ikan hias janggut jawa

Aziz  Strike!

Ikan hasil memancing hari ini

Makan malam hasil dari tangkapan memancing hari ini

Selesai mancing kita langsung balik ke penginapan dan pesta ikan. Ketika kita sampai penginapan ternyata ada ka dmirza yang beneran nyusul ke pulau. Sambil nungguin yang bakar-bakar ikan Mia, Berlian sama ka mirza motret langit dengan spot yang berbeda. Akhirnya ikan selesai dibakar,sebagian ikan di bekuin buat di bakar di planetarium.

Selesai makan,kita pengamatan lagi. Malam itu langit ga sebagus sebelumnya banyak awan dan pesawat yang ngeganggu waktu motret langit. Mungkin karena di laut jadi banyak pesawat yang lalu lalang tiap jamnya.

Pengamatan yang ini semua lampu di sekitar kita ngamat dimatiin, termasuk lampu vila kedaton yang kemarin malam ada kakek-kakek karaokean dengan lagu lawasnya. Semuanya langsung gelap gulita trus ada sekelompok anak muda yang tadinya mau numpang lewat depan kita tapi karna penasaran jadi ga jadi lewat. Mereka nanya-nanya sama kita. Ka rey dengan sabar menjelaskan bedanya bintang dan nebula sambil membidik teleskop sky watcher ke beberapa arah supaya mereka bisa liat perbedaan itu. Selalu ada pertanyaan berikutnya setelah pertanyaan sebelumnya terjawab. Mereka keliatan penasaran banget sama yang kita lakuin. Pengamatan ini juga selesai jam 2 pagi karena awan yang mulai tebal.

Minggu, 24 Juni 2012

Hari terakhir di pulau pramuka. Semua peserta siap-siap untuk pulang. Sebelum pulang kita foto-foto di pasir, sebagai ganti banner kita nulis HAAJ CASTRO LUNAR @ SP 2 diatas pasir.

Selesai foto kita ke dermaga,ternyata kapal kita dateng jam setengah 2 siang jadi daripada bete  sebagian ada yang motret sebagian lagi jalan-jalan keliling pulau pramuka. Kita pulang naik kapal dolphin dan penumpangnya banyak parah. Kita semua kebagian di atap kapal, berasa banget ombaknya. Biar ga mabok laut kita milih buat tiduran daripada duduk. Sampai di muara angke kita nyarter angkot ke planetarium. Sampe planetarium ikan yang di bawa langsung di bersihin dan di goreng.

Banyak pengalaman baru yang kita alami selama SP di pulau pramuka. Walaupun pesertanya dikit tapi malah jadi lebih seru. Terimakasih buat semua yang terlibat dalam acara ini.

Sekian sekilas cerita Star Party 2 dihari kedua dan terakhir, semoga dapat menginspirasi teman-teman semua untuk mencintai Astronomi.

Salam Astronomi.

1 Response to "Sekilas Cerita Star Party 2 , Pulau Pramuka 22 - 24 Juni 2012 (Day 2 & 3)"