Warta Pertemuan Rutin 10, Sebuah pulau perbintangan

Posted on Saturday, May 19, 2012 by Sang Petualang


Sebuah Pulau Perbintangan - GALAKSI
Oleh : Dessy Eprilya

Sebuah Pulau Perbintangan .  Tema yang sangat menarik pada minggu ini . Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa sebuah pulau identik dengan sebuah pantai atau laut. Namun kali ini pulau perbintangan ?  Himpunan Astronomi Amatir Jakarta kembali mengadakan kegiatan pertemuan rutin dwi mingguan yang ke-10  pada tanggal 19 Mei 2012. Materi yang dibahas kali ini adalah ‘’sebuah pulau perbintangan’’. Setelah beberapa pertemuan sebelumnya membahas tentang Sistem Tata Surya, yang merupakan  bagian dari ‘rumah’ kita.

Namun pada  pertemuan kali ini membahas tentang sebuah sistem yang lebih besar lagi, yang matahari dan sistem tata surya kita, bersama bintang-bintang yang berevolusi mengelilingi pusat massanya.  “Sebuah Pulau perbintangan”  yang dimaksud adalah sebuah GALAKSI . Tempat dimana miliyaran bintang hidup , bahkan menjadi tempat bagi berbagai materi antar bintang serta atom yang turut menjadi penghuni dari sebuah galaksi ini. Materi ini dibawakan oleh seseorang yang sudah tidak asing lagi bagi teman-teman HAAJ , yaitu Dessy Epriliya yang dimoderatori oleh ka Nurdiansah. 

Pemateri menyampaikan berbagai macam fakta  yang berkaitan dengan galaksi kita yaitu bimasakti. Mulai dari sistemnya sampai dengan interaksinya dengan galaksi lain. Tidak hanya terbatas pada bimasakti, pemateri juga menyampaikan galaksi secara keseluruhan. Serta penjabaran beberapa pengklasifikasian tipe galaksi  dari ribuan bahkan milyaran galaksi yang menghuni semesta raya ini layaknya sebuah pulau perbintangan.  Mulai dari pembentukannya , materi penyusunnya, sampai dengan interaksinya dengan galaksi lain.

Pemutaran video mengenai tabrakan dua galaksi juga disuguhkan oleh pemateri agar memudahkan peserta berfikir dengan visualisasi yang diberikan. Penyampaian yang menarik membuat suasana pertemuan menjadi interaktif. Terlihat dari antusiasme peserta yang terus bertanya hingga akhir pertemuan.  Masukan dari Pak widya pun menambah suasana sesi tanya jawab semakin antusias.

Pada setiap pertemuan juga diadakan picture of the week (POW), ditujukan bagi siapapun yang mempunyai foto terkait astronomis. POW kali ini diisi oleh Rahmia dari Castro Lunar dan ka Ilham yang merupakan pengurus HAAJ. Kemudian dilanjutkan dengan acara pengamatan malam dengan kondisi langit yang cukup cerah. Semoga teman-teman semakin terinspirasi untuk terus mencintai dan memasyarkatkan astronomi.  Karena kita tidak sendirian di alam semesta ini . Semesta akan terus berbagi cerita akan keagungan Sang Pencipta. Dengarkan dan nikmati setiap baitnya .. 

See you …

No Response to "Warta Pertemuan Rutin 10, Sebuah pulau perbintangan"

Popular Posts