HAAJ - "Picture Of The Week"

Posted on Thursday, August 18, 2011 by Sang Petualang

Himpunan Astronomi Amatir Jakarta kembali menghadirkan Picture of The Week. Acara ini bertujuan untuk memasyarakatkan Astronomi yang difokuskan pada pengambilan gambar fenomena astronomis dalam bentuk foto. Untuk siapa saja acara ini ditujukan? Untuk semua kalangan yang hobi dengan Astronomi dan yang hobi Astrofotografi. Sedikit membahas, astrofotografi merupakan sebuah hobi astronomi yang menggunakan teknik pengambilan foto untuk mengabadikan fenomena-fenomena astronomis. Di tahun ini, Materi Astrofotografi juga menjadi bagian dalam materi pertemuan rutin edisi ke-19 pada tanggal 17 September 2011.

Bagaimana format Picture of The Week di tahun 2011 ini?
Tidak memerlukan syarat yang sulit dipenuhi untuk mengikuti Picture of The Week (POW). Seperti telah disebutkan, POW ditujukan untuk semua orang yang memiliki hobi astronomi. Memiliki niat untuk mengabadikan keindahan-keindahan akan fenomena astronomis adalah syarat utama untuk mengikuti POW. Tidak perlu dengan alat yang 'canggih' seperti menggunakan kamera DSLR, atau dengan teknik fotografi yang menunjang, teman-teman sudah bisa mengirimkan foto tersebut meskipun hanya dengan menggunakan kamera pocket atau kamera hp sekalipun. Foto tersebut nantinya akan dipertunjukkan di Pertemuan Rutin Dwi Mingguan HAAJ. Foto dapat dikirim melalui email atau bisa diberikan langsung di tempat melalui humas atau penanggung jawab pertemuan rutin.
Pada saat dipresentasikan di pertemuan, teman-teman harus bisa menceritakan foto tersebut mulai dari waktu dan tempat pengambilan gambar, teknik pengambilan gambar, alat-alat yang digunakan, sampai bagaimana kesan teman-teman saat menikmati fenomena astronomis tersebut ketika berhasil diabadikan dalam sebuah foto hasil jepretan sendiri. Suatu kenikmatan tersendiri bukan?
Satu orang dapat mengirimkan lebih dari 1 foto dalam waktu yang berbeda. Seluruh foto yang telah ditampilkan, akan diundi untuk mendapatkan gelar Best Picture of The Year. Peraih Best Picture tersebut berkesempatan untuk bisa mengikuti Star Party yang diadakan oleh HAAJ -- Free!

Berikut merupakan sebagian koleksi foto yang pernah dilakukan oleh Rayhan, selaku ketua HAAJ saat ini..


Foto rasi orion..


Foto bulan..



Jadi untuk teman-teman HAAJ, jangan lewatkan kesempatan ini. Astronomi memang hobi kita. Tapi apakah teman-teman tidak berniat untuk mengabadikan hobi tersebut yang nantinya bisa disaksikan oleh banyak orang? Tentu dengan foto-foto tersebut masyarakat luas bisa lebih merasakan kehadiran Astronomi di tengah-tengah kehidupan kita. 

Salam Astronomi -- Salam HAAJ 






No Response to "HAAJ - "Picture Of The Week""

Popular Posts