Report Pertemuan Rutin ke 13 'Sejarah dan Tokoh Astronomi'

Posted on Tuesday, June 28, 2011 by Sang Petualang

Pertemuan rutin minggu ke-13 menghadirkan materi yang sangat menarik. Pembahasan mengenai Sejarah dan Tokoh Astronomi di tahun 2011 disampaikan oleh pemateri yang sama di tahun 2010 kemarin, yaitu Indra Firdaus. Berbeda dengan pertemuan sebelumnya, suasana penyampaian materi dihadirkan lebih fleksibel. Para peserta diajak untuk berinteraksi untuk mengungkapkan pendapatnya mengenai Sejarah dan Tokoh Astronomi sesuai dengan pengetahuan yang sudah mereka dapatkan.

Dalam pertemuan kali ini, pemateri sedikit membahas mengenai sejarah astronomi dan sebagian kecil tokoh-tokoh astronomi yang cukup dikenal. Uniknya, sebagai pembuka pada  presentasi yang disampaikan, pemateri menampilkan foto-foto tokoh astronomi yang ada. Mulai dari zaman kuno, sampai astronom modern bahkan astronom yang sangat dikenal oleh keluarga besar HAAJ. Foto Bapak Widya Sawitar (akrab dipanggil Pak Wied) dan foto Alm. Mas Tersia Marsiano (akrab dipanggil Mas yan) berada di antara foto-foto astronom yang ada. Selain itu, terdapat juga foto Astronom yang kita kenal sebagai pengajar di program studi Astronomi ITB, seperti Bapak Hakim L. Malasan dan Bapak Bambang Hidayat. Setiap peserta diminta untuk menyebutkan nama-nama dari foto-foto yang ada. Sedikit kesulitan memang untuk menyebutkan beberapa tokoh yang kurang familiar. Atau bahkan ada beberapa foto yang selama ini kami kenal nama namun tidak tahu seperti apa tokoh tersebut. Kami semua dibuat takjub oleh foto-foto tersebut, terlebih saat pemateri memberikan penjelasan peran tokoh-tokoh tersebut dalam Ilmu Astronomi.

Selesai pemateri menjelaskan, mulailah kami semua saling berbagi cerita untuk mengungkapkan tokoh astronomi idola masing-masing. Tidak hanya itu, peserta lain juga ikut menanggapi pengungkapkan opini dari peserta yang bercerita. Begitu asiknya kami semua bercerita, sampai mendorong salah satu penguurus (Kak Rony Syamara) untuk membuka buku tebal yang isinya mengenai salah satu tokoh Astronom Amatir bernama Fred Espenak yang gemar sekali dengan perhitungan tentang gerhana. Bahkan astronom tersebut sudah memiliki jadwal terjadinya gerhana sampai tahun 2035 meliputi waktu sampai daerah mana saja yang dapat menikmati peristiwa gerhana tersebut. Menakjubkan sekali bukan?

Setelah kami selesai berbincang-bincang, pemateri mengumumkan siapa yang berhak mendapatkan reward dengan ceritanya yang paling menarik. Shabrina, dari SMAN 8 Jakrta yang juga berkecimpung di OSN Astronomi mendapat predikat cerita paling menarik dengan cerita pengalamnnya selama mengikuti pelatihan OSN di Bosscha bersama Astronom yang membimbingnya.

Picture of The Week pada pertemuan ini diisi oleh salah satu pengurus HAAJ, Kak Vina, yang menampilkan foto Meteor saat sedang mengamati langit malam Kota Lembang di Star Party ke-2. Foto ini juga telah di publish di Facebook dengan komentar-komentar menarik yang diberikan karena fotonya yang sangat indah. Bahkan Kak Rony Syamara menanggapi foto tersebut dan menjelaskan bagaimana cara pengambilan foto meteor yang baik. Dan satu hal unik yang dikutip darinya, “jika kita ingin mengambil foto meteor , jangan terlalu berharap kalau ingin mendapatkan gambarnya. Karena foto meteor yang biasa didapat biasanya datang disaat yang tidak diduga-duga tanpa unsur kesengajaan.” (Ini hanya opini berdasarkan pengalaman yang telah dialami).
Begitulah cerita mengenai kegiatan di pertemuan rutin ke-13 dengan materi yang menarik dan pembelajaran yang sangat bermanfaat. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

-Salam HAAJ

No Response to "Report Pertemuan Rutin ke 13 'Sejarah dan Tokoh Astronomi'"

Popular Posts