Report Pertemuan Rutin ke 12 2011

Posted on Saturday, June 18, 2011 by Sang Petualang

Materi : Instrumentasi Astronomi
Narasumber : mas Amrizal 
Pertemuan Rutin ke-12 pada tanggal 11 Juni 2011 menghadirkan senior HAAJ yang membawakan materi Instrumentasi Astronomi. Mas Amrizal, begitu panggilan akrab di HAAJ, membawakan materi ini dengan sangat komunikatif. Kebetulan beliau memang cukup ahli dalam Instrumentasi Astronomi. Sedikit me-review, beliau ini adalah ahli CCD(charge coupled device), yang merupakan salah satu bagian yang ada dan sering digunakan dalam instrumen Astronomi. Berbeda dengan sebelumnya, peran peserta lebih mendominasi selama materi disampaikan. Setiap peserta diajak untuk berfikir untuk menjawab peertanyaan-pertanyaan dari pemateri. Pertanyaan demi pertanyaan terus dilontarkan mengenai Instrumentasi Astronomi yang ada saat ini. 

Pemateri menampilkan beberapa instrumen yang digunakan dalam Astronomi. Mulai dari mata manusia sebagai instrumen sederhana dan terpenting dalam pengamatan astronomi, sampai binokuler dan teleskop sebagai instrumen pelengkap dalam membantu memudahkan pengamatan. Tidak hanya itu, dalam menjelaskan materi tersebut dijelaskan pula jenis-jenis lain dari instrumen yang ada seperti jenis-jenis teleskop serta cara penggunaannya. Peserta nampak semangat sekali menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan, karena ada reward yang akan didapatkan.

Dalam rangka persiapan keberangkatan Star Party II di Observatorium  Bosscha, Mas Amrizal juga menampilkan Instrumentasi-instrumentasi  yang ada di Observatorium Bosscha. Tidak terlalu men-detail, tapi cukup mewakili gambaran mengenai instrumentasi yang dijelaskan. Tugas teman-teman yang akan mengikuti Star Party-lah untuk meneruskan penjelasan mengenai instrumentasi yang ada.

Selesai penyampaian materi, Mas Amrizal memberikan studi kasus yang cukup menantang. Beliau memberikan daftar instrumen, lalu peserta harus memecahkan kasus “Instrumentasi apa saja yang efektif digunakan teman-teman untuk pengamatan langit dengan objek Mars?”. Tentunya studi kasus ini merupakan topik yang menarik untuk dibahas. Beberapa pakar yang biasa mengamati objek langit dengan instrumen yang cukup memadai ikut andil dalam pembicaraan tersebut. Terbukti dengan penjelasan oleh Kak Rony Syamara mengenai instrumentasi apa saja yang dipakai. Dengan penjelasan yang sangat lengkap beserta alasan-alasan mengapa instrumen tersebut dipilih dikemukakan olehnya. Dan kami semua yang hadir saat itu mendapat pelajaran yang luar biasa ditambah dengan penjelasan oleh pematerinya langsung.

Selain itu, Picture of The Week yang diisi oleh salah satu peserta bernama Ilham juga turut menambah wawasan kita. Bagaimana tidak, foto bulan yang ditampilkannya, mendapat saran-saran menarik dari pemateri (tentunya sudah berpengalaman) bagaimana cara pengambilan foto yang baik dengan objek bulan. 
Pertemuan rutin ini berjalan dengan baik yang didukung dengan antusiasme peserta yang datang.  Semoga pertemuan ini terus mendorong minat kita terhadap Astronomi. Sampai jumpa di pertemuan selanjutnya dengan materi yang semakin menarik. 

-Salam HAAJ

NB:
Dkumentasi menyusul..

No Response to "Report Pertemuan Rutin ke 12 2011"

Popular Posts