Report Star Party 2 - Cisarua

Posted on Sunday, May 30, 2010 by Sang Petualang

Report Star Party 2 - Cisarua
22-23 Mei 2010

Pada sabtu-minggu, 22-23 Mei 2010 lalu, Himpunan Astronomi Amatir Jakarta kembali mengadakan Star Party yang kedua, setelah pada Maret lalu HAAJ telah mengadakan Star Party yang pertama di awal tahun ini. Berbeda dengan Star Party 1 lalu, untuk peserta star party kali ini dilakukan seleksi dengan mengirimkan Workplan masing-masing kepada panitia karena kuota yang cukup terbatas. Sebagian besar peserta berkumpul di Planetarium Jakarta untuk berangkat bersama-sama, tetapi ada juga beberapa yang memilih bertemu di stasiun Bogor. Sesampainya di lokasi, seusai melepas lelah, peserta kemudian bersama-sama membahas logbook, dimana logbook ini merupakan suatu alat dokumentasi selama pengamatan.

Dikarenakan cuaca yang pada saat itu agak kurang bersahabat, maka setelah pembahasan mengenai logbook, acara dilanjutkan dengan workshop kecil mengenai sistem tata koordinat dengan penerapannya pada pemakaian teleskop. Peserta dikenalkan dengan beberapa jenis teleskop yang dimiliki oleh HAAJ, yang pada saat itu turut dibawa. Peserta terlihat sangat antusias pada saat mempelajari cara merakit dan membongkar teleskop, walaupun beberapa diantaranya terlihat agak kebingungan saat itu, tetapi tidak menyurutkan niat dan keinginan mereka untuk tetap mempelajarinya. Seusai workshop kecil teleskop itu, cuaca belum kunjung bersahabat juga, akhirnya beberapa peserta ada yang melakukan diskusi kecil disaat sebagian peserta lain tertidur. Hingga pada akhirnya menjelang subuh, dengan sisa peserta yang sedikit yang sanggup bertahan, akhirnya langit cukup terbuka, hingga beberapa peserta mendapatkan planet Merkurius dan Jupiter pada saat itu, yang dapat sedikit mengobati rasa kecewa di malam itu.

Ketika pagi menjelang, beberapa peserta ada yang tetap bersemangat untuk kembali mempelajari cara merakit teleskop, disaat sebagian besar sedang bersantai. Setelah semua usai, seluruh peralatan kembali dikemas, dan bersiap untuk pulang. Berikut beberapa kegiatan yang sempat didokumentasikan.

Gambar 1: Peserta sedang membahas logbook untuk pengamatan

Gambar 2: Peserta sedang belajar pengenalan teleskop

Gambar 3: Foto bersama sebelum meninggalkan villa


1 Response to "Report Star Party 2 - Cisarua"

.
gravatar
YUDA Says....

hahaha...mantabbbb

tapi ada satu kegiatan yang lupa di report..hihihi

Popular Posts