Skygazing... great sky in Bogor

Posted on Sunday, March 23, 2008 by Sang Petualang

Star Party, IPB
15 - 16 Maret 2008
Lokasi: GOR IPB, Kampus Dalam IPB, Bogor

let's look up at the night sky, we see stars by the thousands-pinpricks of light in the inky blackness of space without or with telescope.

Here is our report....

Star Party IPB kali ini bisa dibilang sukses, baik dari segi berlangsungnya acara (walopun sedikit molor dari agenda yang direncanakan), peserta, dan langit yang sangat begitu mempesona. Tapi pada mulanya kita yang jumlahnya kurang lebih berseratus sempet rada worrie juga, coz... cuaca sedikit gak bersahabat semenjak keberangkatan kita dari Jakarta--

Jakarta-Planetarium, 15 Maret 2008
Jam 16.00 WIB
Kru HAAJ beserta rombongan yang berjumlah sekitar 50orang telah siap untuk berangkat ke Gambir mengejar kereta Express jam 16.55 WIB.Sedangkan Teleskop dibawa oleh Bu Eka menggunakan mobil telah meluncur ke Bogor setengah jam yang lalu. Sore itu langit sedikit mendung, dengan sedikit kenyakinan penuh akan cerahnya langit malam nanti (soalnya sesudah di komfirm ke Mbak Winda kalo kita bawa Beng-beng buanyaaak- hehehehe....) toh jika kenyakinan kita meleset, kita sudah nyiapin beberapa alternative kegiatan untuk antisipasi jika tak satupun objek langit yang bisa kita amati.
Dari Planet ke Gambir harus dibagi beberapa kolter, lha khan.. kapasitas metro hanya 30an (penuh sesak) itupun kalo kosong. Yang pasti rombongan harus sampai Gambir before jam 17.00 WIB.

Bogor,
Jam 19.00 WIB
Waaah.. ternyata kita sudah ditunggu Bu Silvi dan rombongannya di stasiun Bogor. Setelah istirahat, sholat, dan makan (yang mau saja-- bayar sendiri :)).. Mbak Winda selaku koordinator (sie Acara) memastikan siapa saja peserta Star Party kali ini (absensi) plus membagi kelompok angkot untuk menuju ke Darmaga, IPB. Kami terbagi menjadi 6 kelompok angkot, tiap kelompok beranggotakan 12-14 orang... bayangpun angkot yang sekecil itu, yang standar hanya maksimum 10 orang ini.. dipaksakan 14 orang. Hhhh... inilah hidup.. eh salah... inilah seni!!! xixixixi... kita asyik dan happy... disinilah ruang kedekatan antar anggota terbangun.

Jam 20.00 WIB
Akhirnya, kita sampai ke Kampus Dalam IPB, check list peserta dulu... waktu bebas sampai jam 20.30 untuk makan (sekali lagi BS-BS), menu tinggal pilih... banyak menu yang ditawarkan di samping kampus Dalam, ada nasi uduk, sate, warteg, mie, nasi goreng, masakan padang, gorengan, cimol, de el el... dan harganya relative murah kok -- kantong mahasiswa lah...
Nie.. modal Rp 3000,00 dah kenyang (cimol Rp 1000.00, gorengan Rp 1000,00, aqua gelas 2 buah Rp 1000,00)-- keyang-keyang.... <-- relatif... Jam 21.00 WIB
Mulai registrasi ulang dan pembagian Log Book. Langit belumlah terbuka... jadi sesi ini diisi dengan sesi kelas dulu (pake ruang Ping-Pong)..kegiatannya adalah menonton Discovery Channel.
Teleskop telah siap dan where's d beng-beng?!!...

Jam 23.00 WIB
Naaah... nie die... sedikit-demi sedikit bintang pun menampakkan diri, cahanya mampu menembus awan tipis yang dikit demi sedikit sang awanpun mulai mengalah memberikan kebebasan kepada kita yang di bumi untuk STARGAZE with or without teleskop.

Yang nampak terlebih dulu Rasi Centaury.Lalu Rasi Scorpio lengkap!!!... Butterfly... ada!! Boot ... ada dunk... Vega pasti!!!.. pokoknya semua objek langit di LogBook yang udah disiapin ma Rhe ada semua deeeh... segala macam obyek NGC 'n Messier yang di LogBook terdeteksi semua.eh, beberapa ada yang nemu meteor malah.. satelit mondar-mandir --> kita puas poko'nya
Arrizza sempet mengabadikannya pake kamera pocket canon. (foto-foto di postingan lain, klik sini.)

16 Maret 2008
Jam 5.30 WIB
Matahari mulai terbit...
Selamat Pagi semuaaaa.....

foto-foto bersama, packing dan go back to Jakarta.
Sampai ketemu di sesi berikutnya, 12 April 2008 di Planet ya...

No Response to "Skygazing... great sky in Bogor"

Popular Posts